Tuesday 24 November 2015

Cara membuat aplikasi android di eclipse

Cara membuat aplikasi android di eclipse

Assalamualaikum wr.wb
Perkenalkan nama saya Robi Sugara, disini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat aplikasi sederhana di eclipse,saya akan membuat beberapa contoh seperti membuat menu di eclipse, membuat aplikasi calkulator di eclipse,membuat aplikasi rumus luas segitiga dan juga membuat aplikasi rumus balok  dsb.untuk postingan ini saya akan membahas tentang ketiga rumus tersebut, buat rumus" selanjutkan saya akan membahas nanti, karna berhubung waktu yang di berikan cuma sebentar, jadi saya hanya bisa membuat sedikit.

Oke langsung saja kita ke intinya. pertama buka eclipsenya terlebih dahulu, kalo belom punya downlode dulu, setelah terbuka klik, new, pilih Android Application Project. Isi sesuai keinginan dan kebutuhan masing - masing.kalo sudah klik next sampe finish.

Di menu ini kita bisa menentukan gambar tampilan ya


kalo sudah selesai maka tampilan awalnya akan seperti ini.
tinggal kita desain layoutnya dengan cara menarik tools-tools yang ada sselah kiri ,disi tu ada banyak pilihan .pertama kita akan membuat menu.yang harus kita lakukan meng copy dulu layout karna kita akan membuat banyak layout, caranya copy activity.menu.xml lalu pastekan di polder layout.
bikin sesuai kebutuhan kita, kalo saya bikin 3 karna yang dibutuhkan hayna 3. begitujuga di src nya harus kita copy (main activity) cara nya copy menuActivity.java pastekan di poldder src, trus ganti nama variabelnya.
kalo sudah langsung kita bikin desain di layout menu. caranya cuman menarik tools yang ada di kiri layout kita.
kurang lebihnya desain layout untuk menu seperti gambar di atas, lanjut kita bikin desain buat calkulator, rumus balok dan luas segitiga.tinggal di klik aja activity.calkulator.xml nya, begitupun untuk rumus balok dan juga luas segitiga.



Kalo sudah beres langsung kita ke mainactivitimenu ya.kita buat dingan supaya tombol button berfungsi ke layout" lainnya.
tampilan awal main activity.
kodingannya seperti gambar di bawah.
Nah terus kita conekin dah dari menu ke Calkulator.Segitiga dan Balok. caranya klik Androidmanifest.xml. lalu aplication klik add, Activity tunggu proses lalu pilih yang mana yang mau di conekinke menu button-button tadi.a

Lanjut buat ngoding Calkulator.tapi sebelumnya ganti dulu ya activity mainnya, yang di warnai kunging ganti dengan variable yang kalian buat.
codingan buat Calkulator
Lanjut buat ngoding rumus balok sama luas segitiga ya.tapi sebelunya main activitynya ganti juga ya seperti step yang di atas.
baru kasi kodingan buat rumusnya.
 Codingan buat Luas segitiga.
Capek juga ya nerangin, pokonya kalo pusing boleh Email aja, insyaalloh kalo bisa saya bantu..
oke lanjut daah, 
sekarang kita buat ANDROID virtual device meneger. caranya klik windows yang ada di atas, kemudian menege lalu klik new.



nah bikin dah tuh sesuai keinginan, bisa juga sesuai hp kalian.
udah selesai semua kita coba jalanin, Run Application, klik kanan di project lalu pilih Run.kalo beres semua tampilannya seperti ini.

Selesai dah, aplikasi android menggunakan eclipse sudah beres, semoga membantu.
kalo ada pertanyaan bisa di email aja.soalnya kalo ngejelasin kayak gini agak ribet. saran daahh bukan dibidangnya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Rajadesa, Ciamis, Jawabarat.







No comments:

Post a Comment